Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

grafiti apakah sebuah seni?

hay pembaca elinotes, pernahkah kalian melihat fasilitas umum terutama di jalan jalan yang dicoret coret ala ala seni grafity? jika pernah melihat apakah menurut kalian coretan coretan difasilitas umum tersebut masuk sebuah seni? mari kita bahas
coretan ditempat umum apakah seni
coretan ditempat umum apakah seni


pengerian Seni

seni adalah hasil cipta karya dan rasa manisia. seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.
contoh seni
contoh seni
Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya

pengertian seni grafiti

Grafiti (juga dieja graffity atau graffiti) adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu.

contoh seni graffiti
contoh seni graffiti
Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.

Kebiasaan melukis di dinding bermula dari manusia primitif sebagai cara mengkomunikasikan perburuan. Pada masa ini, grafitty digunakan sebagai sarana mistisme dan spiritual untuk membangkitkan semangat berburu.
contoh seni grafiti pada zaman pra sejarah
contoh seni grafiti pada zaman pra sejarah
Perkembangan kesenian pada zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida
contoh seni grafiti pada zaman mesir kuno
contoh seni grafiti pada zaman mesir kuno

apakah semua graffiti adalah seni

Untuk menjawab pertanyaan apakah grafiti adalah bentuk seni, maka kita harus mendefinisikan dahulu apakah arti seni itu.

Menurut KBBI dalam jaringan, seni bisa diartikan sebagai:

       seni  keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya)
        seni karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa, seperti tari, lukisan, ukiran: seniman tari sering juga menciptakan -- susastra yang indah

Ditilik dari definisi KBBI ini, grafiti secara umum jelas bisa digolongkan sebagai seni. Sebab untuk membuat grafiti yang berkualitas, dibutuhkan keahlian dan keahlian yang luar biasa, seperti bisa dilihat di contoh di bawah ini:
contoh seni grafiti yang indah
contoh seni grafiti yang indah

contoh seni grafiti yang indah dan rumit
contoh seni grafiti yang indah dan rumit
tetapi ada pengecualian bukan berarti semua grafiti bisa digolongkan sebagai seni. Contohnya juga bisa dilihat di bawah ini:
contoh graffiti yang bukan seni tetapi vandalisme atau perusakan
contoh graffiti yang bukan seni tetapi vandalisme

contoh graffiti yang bukan seni tetapi vandalisme
contoh graffiti yang bukan seni tetapi vandalisme

 gambar diatas tidak bisa digolongkan sebagai seni, karena dalam membuatnya tidak diperlukan keahlian luar biasa dan tidak bermutu tinggi.

kesimpulan graffiti seni atau bukan

Maka sebagai kesimpulan bisa saya ungkapkan di sini bahwa beberapa bentuk grafiti bisa dianggap seni, tetapi tidak semuanya. sekian semoga bermanfaat. :)
elinotes
elinotes hay namaku eli setiawan biasa dipanggil eli, saya adalah admin elinotes dari blog elinotes.com yang membahas artikel teknologi, blogger, software, hewan, aplikasi, dll. kunjungi profil google developer https://g.dev/elinotes dan silakan apabila membutuhkan jasa Content Placement elinotes review diblog ini bisa kirim email ke [email protected]

Posting Komentar untuk "grafiti apakah sebuah seni?"